
Susu merupakan salah satu bahan nutrisi ajaib yang memiliki banyak kandungan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Menurut dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, susu hampir terdapat pada setiap zat gizi. ”Untuk memenuhi gizi seimbang, tubuh memerlukan karbohidrat, protein, juga vitamin dan mineral. Hampir semua penunjang kebutuhan seimbang tersebut terdapat dalam susu, baik dalam protein maupun vitamin dan mineral,” tandas spesialis gizi klinis itu dalam acara Peluncuran Identitas Brand Baru dan Kampanye ”Raih Esokmu” Frisian Flag di Sheraton Surabaya (17/12).
Masih menurut Oetoro, susu juga sangat berperan penting bagi pertumbuhan anak-anak, khususnya untuk membantu proses pembentukan tulang. ”Idealnya seorang anak mengonsumsi dua gelas susu (@ 200 cc) per hari. Sementara orang dewasa cukup 1 gelas setiap hari untuk meningkatkan kalsium guna mencegah pengeroposan tulang,” terang Oentoro lagi.
Problem gizi selalu menjadi masalah di setiap negara, baik negara berkembambang maupun negara maju sekalipun. Disampaikan Oentoro, di negara berkembang problem yang dihadapi adalah kekurangan gizi, sedang di negara maju yang menjadi problem adalah kelebihan gizi yang memicu obesitas. ”Nah, susu sangat membantu mengatasi dua problem tersebut. Sebab, susu mengandung kalsium yang dapat membakar lemak bagi mereka yang mengalami obesitas maupun mencegah pengeroposan tulang pada kaum manula,” paparnya.
Peran penting susu bagi tubuh ini telah menjadi perhatian khusus dalam isu kesehatan, mengingat di Indonesia kebiasaan minum susu masih sangat minim. Namun Hendro H. Poedjono, Trade Marketing Director PT Frisian Flag Indonesia menyatakan opotimis masyarakat Indonesia akan semakin sadar betapa pentingnya susu. Apalagi seiring peningkatan pendapatan dan membaiknya perekonomian secara otomatis akan memicu perbaikan gizi keluarga. ”Dengan meningkatnya pendapatan secara otomatis masyarakat akan memperbaiki kualitas gizinya dengan mengonsumsi nutrisi lebih baik, seperti mengonsumsi daging maupun susu,” ujarnya kepada wartawan.
Menurut Hendro, konsumsi susu di Indonesia belakangan ini telah mengalami peningkatan. Data 2010 tercatat 11,7 liter per kapita per tahun, meningkat 4 liter dari data 2008 yang hanya 7,7 liter per kapita per tahun. Konsumsi susu masyarakat Indonesia bila dirata-rata hanya 3 cc per hari, jauh di bawah negara-negara tetangga ASEAN lainnya seperti Thailand bahkan Vietnam. ”Kita berharap tahun depan konsumsi susu masyarakat Indonesia mampu mencapai 14 liter per kapita per tahun.
Guna menggalakkan minum susu pada masyarakat, Hendro menandaskan bahwa Frisian Flag akan terus membangun kesadaran masyarakat agar terbiasa minum susu dengan menyediakan varian dan kemasan yang terjangkau. ”Salah satunya ialah dengan merilis logo baru ini. Karena sebagai market leader, pihaknya ingin selalu me-refresh produk dengan varian baru. Targetnya sampai akhir Maret 2011 nanti semua produk Frisian Flag sudah menggunakan logo baru, dan secara berkala sepanjang tahun 2011 akan terus melempar produk baru dengan target pertumbuhan pasarnya mencapai 15% sehingga dapat terus mempertahankan market share 30% yang telah dikuasinya,” papar Hendro optimis.
Tentang logo barunya, Hendro menambahkan bahwa hal ini sudah disiapkan selama 1,5 tahun sebelumnya. Prosesnya juga sudah mengakomodasi setiap kepentingan masyarakat konsumen Frisian Flag. Harapannya dengan logo baru ini mereknya mampu mengemban visinya sesuai tema kampanye yang diusung yaitu ”Raih Esokmu”.
”Kami percaya bahwa nutrisi dan pendidikan yang lebih baik memiliki peranan penting untuk membantu mencetak generasi yang cerdas dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Indonesia guna meraih hari esok yang lebi baik. Dengan pengalaman lebih dari 88 tahun dan warisan di Indonesia, identitas brand baru kami dan kampanye ”Raih Esokmu” menegaskan kembali komitmen kami sebagi ahli nutrisi untuk terus beradaptasi dan tetap relevan terhadap situasi saat ini sehingga dapat mendukung masyarakat Indonesia meraih hari esok yang lebih baik melalui penyediaan berbagai produk nutrisi berkualitas tinggi dan berstandar internasional,” terang Hendro.
Frisian Flag Indonesia juga berkomitmen meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi generasi yang sehat dan cerdas dan mampu meraih hari esok yang lebih melalui gizi dan pendidikan yang diwujudkan melalui bidang CSR, meluputi pendidikan (program Berbagi untuk Maju), nutrisi, dan lingkungan hidup.
Dalam peluncuran identitas brand baru sekaligus kampanye ”Raih Esokmu” kemarin, selain wartawan, hadir sebagai undangan adalah siswa-siswa SDN Simokerto 1 Surabaya dan SMPN 29 Tambaksari Surabaya. Mereka berkesempatan mencicipi salah satu varian terbaru dari susu Frisian Flag bersama Jan Pieter Tanis, Marketing Director Frisian Flag Indonesia. (arohman)
Keterangan Foto:
Jan Pieter Tanis, Marketing Direkctor Frisian Flag Indonesia dan Hendro H. Poedjono, Trade Marketing Director PT Frisian Flag Indonesia bersama siswa SDN 1 Simokerto minum susu kemasan Frisian Flag yang menggunakan logo baru.