BThemes

tes
News Update :

Jazz Aman, Jatim Recall 687 Unit City

17 Feb 2010


Hebohnya faktor kesalahan produksi yang dilakukan beberapa produsen mobil kelas dunia sempat mengegerkan konsumen. Untungnya hal tersebut langsung direspons serius oleh masing-masing produsen dengan penarikan atas jenis dan tipe mobil-mobil yang bermasalah. Di Indonesia yang cukup menyita perhatian adalah isu penarikan Honda Jazz dan City.

Honda Jazz di Indonesia dipastikan aman karena komponen power window master switch-nya bukan termasuk yang bermasalah seperti di Eropa, Amerika, atau Afrika Selatan. Recall justru dilakukan terhadap Honda City keluaran tahun 2007-2008 yang diindikasi mengalami gangguan power windows master meski sampai kini belum ada masalah.

Wendi Miharja, Manager Operational Honda Surabaya Center mengatakan, komponen power window master switch yang digunakan Honda City di Indonesia memiliki platform yang sama dengan Honda Jazz yang dipakai di Eropa, yakni dari Omron. Sementara, untuk Honda Jazz yang diproduksi di Indonesia menggunakan suku cadang dari Toyo Denso yang selama ini tidak mengalami masalah apapun.

Karena komponen yang digunakan Honda City sama dengan Honda Jazz yang dipakai di Eropa itulah, pihak Honda Indonesia memutuskan untuk melakukan recalling terhadap Honda City keluaran tahun 2007-2008. Recalling ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan memberi rasa nyaman kepada konsumen.

“Untuk power window master switch Honda City dan Jazz diambil dari dua produsen komponen yaitu Omron dan Toyo Denso. Master power window yang mengalami masalah adalah dari brand Omron yang kebanyakan di-supply ke Eropa atau Amerika. Sedangkan Jazz di Indonesia menggunakan Toyo Denso jadi tidak di-recall. Hanya saja, Honda City 2007-2008 memang menggunakan Omron, jadi akan kami recall meskipun sampai saat ini belum ada masalah,” ujar Wendy.

Dijelaskan Wendy, recall Honda City akan dilakukan secara serentak per 1 Maret hingga 30 September 2010. Pemberitahuan kepada konsumen akan dilakukan melalui telepon dan media massa untuk mendatangi dealer honda terdekat di seluruh Indonesia.

Wendy menambahkan, khusus di Jatim, Bali dan Lombok, terdapat 687 unit Honda City yang akan di-recall. Sementara, secara nasional mencapai 3.240 unit Honda City yang akan dilakukan penarikan untuk mendapatkan treatmen master power window-nya.

“Master power window-nya akan dilakukan treatmen untuk mencegah air tidak
masuk ke master power window. Kami akan ganti master power window bila unitnya sudah terbakar atau meleleh tanpa ada pungutan biaya. Recall ini merupakan bentuk tanggung jawab kami, meskipun sampai saat ini belum ada masalah,” imbuh Wendy.

Buka Dealer Baru di Surabaya Barat

Penjualan Honda di Jatim, Bali, dan Lombok ditarget dapat mengalami kenaikan sebesar 25 % pada 2010 ini. Demikian pernyataan yang disampaikan Wendy Miharja, Manager Operasional Honda Surabaya Center, yang membawahi Jatim, Bali, dan Lombok.

Menurut Wendy, penjualan Honda di Jatim, Bali, dan Lombok memang sempat mengalami penurunan penjualan pada 2009 sekitar 22 % dibanding tahun 2008. Penurunan itu, kata Wendy sebagai akibat dari krisis keuangan global yang terjadi di awal tahun 2009.

"Pada 2009 penjualan kita hanya mencapai 5.585 unit mobil. Artinya, terjadi penurunan sekitar 22% dibanding penjualan pada 2008. Dengan berangsur membaiknya roda perekonomian, pada 2010 kita menargetkan penjualan dapat meningkat sekitar 25 persen atau 7250 unit. Untuk mencapai target itu, kami juga melakukan inovasi produk dengan desain dan vitur yang lebih eksklusif," papar Wendy kepada SURABAYA VIEW saat ditemui di kantornya.

Masih menurutnya, selama ini Honda selalu menjadi market leader. Hampir di semua kelas, Honda mampu meraup market share yang cukup fantastis. Honda City mampu meraup market share sebesar 41,67 %, Civic 49,25 %, Accord 31,34 %, Has Back 40,53% dan CRV 40,53%. Sedangkan Honda Freed selama 6 bulan peluncurannya mampu meraup market share sebesar 11,21%.

Lebih lanjut pria ramah ini mengatakan, untuk memperluas jaringan pasar, servis serta penetrasi pasar, pada 2010 pihaknya akan malakukan penambahan 2 dealer yang rencananya akan dilakukan di Surabaya Barat dan Denpasar. Saat ini, Honda di Jatim, Bali dan Lombok memiliki 12 dealer. Rinciannya, Jatim 8 dealer, Denpasar 3 dealer dan Lombok 1 dealer. (basyir aidi)
Share this Article on :
 

© Copyright surabaya view 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.