BThemes

tes
News Update :

Stadion Bung Tomo Jadi Ikon Baru Surabaya

7 Agu 2010

Peresmian Surabaya Sport Center (SSC) “Stadion Bung Tomo” menandai adanya satu ikon baru hadir di Surabaya. Stadion berstandar internasional ini diresmikan BAMBANG DH Walikota Surabaya didampingi BAMBANG SULISTOMO putra almarhum Bung TOMO, Jumat (06/08) malam.

Hadir pula pada malam peresmian yakni Hajjah SOELISTINA SUTOMO istri almarhum Bung TOMO, anggota DPRD Surabaya, perwakilan LSM dan tokoh masyarakat. Peresmian itu dilakukan dengan menandatangani prasasti atas nama BAMBANG DH dan BAMBANG SULISTOMO.

Dalam sambutannya, Walikota Surabaya berharap kehadiran Stadion Bung Tomo ini akan jadi ikon baru Surabaya. Stadion berkapasitas 50 ribu orang bukan saja jadi sarana meningkatkan prestasi olahraga di Surabaya tapi juga mampu mendorong pembinaan olahraga.

BAMBANG mengatakan ada 3 bangunan yang sudah diselesaikan di kawasan 100 hektar itu. Yakni bangunan utama berupa Stadion Bung Tomo yang menghabiskan anggaran Rp 440 milyar, Stadion Indoor berkapasitas 10 ribu orang dengan anggaran pembangunan Rp 63 milyar dan masjid berkapasitas 800 orang yang dibangun dengan biaya Rp 3 milyar.

“Pembangunan di kawasan ini dilakukan secara bertahap hingga 100 hektar terserap seluruhnya. Ketiga bangunan tersebut hanya sebagian kecil dari luasan lahan yang tersedia,”ujarnya.

Meski demikian, BAMBANG mengakui, saat ini keberadaan Stadion Bung Tomo masih terkendala dengan akses jalan. Pasalnya, Pemkot Surabaya harus membebaskan sebagian lahan milik warga sekitar serta anggaran dari pusat.

BAMBANG menjelaskan sebenarnya untuk akses jalan menuju SSC bagian dari program pusat. Untuk itu, Pemkot Surabaya akan mintakan dana dari pusat untuk pembangunan kontruksi jalan.

”Kita sudah ada pembicaraan dengan pusat, kalau memang Pemkot bisa sediakan tanahnya, mereka akan bantu biaya pembangunan kontruksi jalan. Nah, untuk lahan milik 3 pengembang di Surabaya Barat, kita sudah bicarakan dan mereka mau berikan lahannya tanpa kompensasi. Hanya saja yang perlu dibahas adalah mekanisme penyerahan lahannya dalam bentuk hibah karena ini diluar 40% fasum dan fasos yang biasanya diserahkan pengembang ke pemerintah daerah,”paparnya.

BAMBANG mengungkapkan untuk akses SSC kelak lahan sudah tersedia, akan dibangun jalan selebar 60 meter dari Gresik ke selatan Driyorejo menyambung ke pintu tol Romokalisari. Warga kota baik dari Surabaya maupun Gresik bisa memanfaatkan akses ini jika menuju SSC.

Peresmian Stadion Bung Tomo yang ditarget dihadiri 50 ribu orang berjalan molor. Pasalnya, terjadi kemacetan pada poros jalan yang tersedia sehingga banyak undangan datang terlambat ke stadion. Meski demikian, beragam atraksi yang disiapkan bisa menghibur undangan. (SUARASURABAYA)
Share this Article on :
 

© Copyright surabaya view 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.