BThemes

tes
News Update :

Mau Tahu Khasiat Minum Teh?

27 Jan 2012


Para ilmuwan dari Universitas Western Australia dan Unilever mengungkapkan bahwa mengkonsumsi tiga cangkir teh per hari dapat menurunkan tekanan darah.

Teh adalah minuman terpopuler kedua di dunia setelah air mineral. Teh mengandung polyphenol dan antioksidan yang telah terbukti mampu menghentikan sel-sel pertumbuhan kanker.

Penelitian lain tentang teh telah dilakukan juga oleh peneliti dari Universitas Harvard. Mereka menyimpulkan bahwa minum teh dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

"Sudah ada bukti yang menunjukkan bahwa teh baik untuk kesehatan jantung," jelas profesor Jonathan Hodgson, ketua peneliti dari Universitas Western Australia, Kamis (25/1/2012).

Penelitian ini melibatkan 95 warga Australia yang berusia antara 35 sampai 75 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk meminum 3 cangkir teh hitam dan kelompok kedua meminum 3 gelas placebo.

Pengukuran tekanan darah dibagi menjadi dua jenis, yaitu sistolik dan diastolik. Sistolik adalah tekanan dalam arteri yang terjadi saat dipompanya darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sedangkan diastolik adalah sisa tekanan dalam arteri saat jantung beristirahat.

Setelah enam bulan, peneliti kembali melanjutkan penelitiannya. Para peneliti menemukan bahwa kelompok yang meminum teh hitam memiliki sistolik lebih rendah serta tekanan darah diastolik antara 2 dan 3 mmHg dibandingkan dengan kelompok yang mengkonsumsi placebo.

Menurut Dr Hodgson ini belum merupakan hasil final. Hal ini dikarenakan belum ditemukan bagaimana teh dapat mengurangi tekanan darah. Maka, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengkaji hal tersebut. [her/but]

beritajatim
Share this Article on :
 

© Copyright surabaya view 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.