BThemes

tes
News Update :

Surabaya Calon Tuan Rumah Asian Games 2019

1 Feb 2012


Rencana besar digulirkan Kementrian Pemuda dan Olahraga. Organisasi pimpinan Andi Alifian Mallarangeng berniat mengikuti bidding tuan rumah Asian Games XVIII 2019 mendatang. Dan, Kemenpora menunjuk Jawa Timur (Jatim) sebagai tuan rumah multievent terakbar di Asia ini.

Niatan Kemenpora nampaknya tak main-main. Rencananya, 9 Februari nanti, mereka akan membawa usulan ini ke Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Selanjutkan, berkas akan dikirim kepada panitia bidding yang dikelola Olympic Council of Asia (OCA).

Sebagai tuan rumah, Kemenpora menunjuk Jatim sebagai penyelenggara Asian Games. Penunjukan ini bukan tanpa alasan, manurut pelaksana harian Sekretaris Mentri Pemuda dan Olahraga, Djoko Pekik, Jatim sudah menyiapkan bahan dan memiliki venues yang memadai dan berstandard internasional. Selain itu, Jatim adalah salah satu daerah pemasok atlet untuk kontingen Indonesia.

Selain itu, ditunjuknya Jatim adalah bentuk pemerataan pelaksana multievent di Indonesia. Di tahun 2011, Palembang dan Jakarta menjadi tuan rumah untuk SEA Games XXVI 2011kemarin. Sedangkan di tahun 2012 ini, Riau ditunjuk sebagai pelaksana Pekan Olahraga Nasional (PON). Setahun berikutnya, Riau juga menjadi tuan rumah Islamic Solidarity 2013.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung mengaku bangga dengan penunjukan Kemenpora. Erlangga menyebut, jika Indonesia pasti jadi tuan rumah, maka Asian Games akan difokuskan di Surabaya dan sekitarnya. Salah satu venues yang disiapkan adalah stadion terbesar dan termewah di Jatim saat ini, Gelora Bung Tomo.

"Masih ada waktu tujuh tahun untuk menyiapkan Surabaya dan sekitarnya menjadi tuan rumah Asian Games 2019," tutur Erlangga.

Sesuai hasil sidang dewan OCA, 3 Juli 2009 silam, pada tahun 2019 nanti, untuk kali pertama sejak tahun 1951, Asian Games akan digeber di tahun ganjil. Alasannya, Asian Games lebih ideal jika digelar setahun jelang Olimpiade.[sya]

beritajatim
Share this Article on :
 

© Copyright surabaya view 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.