BThemes

tes
News Update :

Pakar Transportasi: Sistem Fly Over Bukan Solusi Kemacetan

2 Feb 2012


Kemacetan merupakan problem yang sering terjadi di kota-kota besar termasuk Surabaya. Untuk mencari solusi atas masalah itu, fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya mengadakan seminar pekan VII Pembangunan Berkelanjutan Transportasi dan Infrastruktur, Kamis (2/2/2012).

Pembicara dalam seminar itu adalah Prof A Munawar dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta. Menurut Prof A Munawar sistem transportasi di Indonesia perlu direformasi.
Banyak angkutan umum yang tidak tertib dan membludaknya kendaraan pribadi.

Pembangunan fly over sebenarnya bukanlah solusi untuk kemacetan. Fly over hanyalah pencegah kemacetan jangka pendek karena menghabiskan tempat. "Sistem transportasi di Indonesia sangat perlu di reformasi. Fly over itu hanya solusi pencegah kemacetan jangka pendek," Jelas Profesor lulusan London itu.

Reformasi yang dapat dilakukan adalah peningkatan kualitas angkutan umum. Penggagas Trans Jogja ini menginginkan bus kota atau angkutan umum yang nyaman, aman dan on
time dengan sistem tiket yang teratur (smart card) di halte-halte. Lajur khusus juga diperlukan untuk menghindari kemacetan dan membuat perjalanan bus kota lancar. "Bus kota itu harus nyaman, aman dan on time agar masyarakat senang naik angkutan umum. Sistem tiket (smart card) dan lajur khusus juga diperlukan," Lanjutnya. [lin/ted]

beritajatim
Share this Article on :
 

© Copyright surabaya view 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.